Search this site
Embedded Files
www.setyondesen.com
  • HOME
  • ABSENSI
  • MATERI
    • DESAIN GRAFIS PERCETAKAN
      • 2. Typografi
      • 1. Desain Grafis dan Nirmana
      • 3. Gambar Sketsa dan Illustrasi
      • 4. Gambar Bentuk dan Perspektif
      • 5. Penggabungan Gambar dan Text
      • 6. Pemberian Efek pada Gambar Vector
      • 10. Menganalisis ilmu Fotografi
      • 11. Memahami jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
      • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
    • KK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  • TUGAS
    • 1. Tugas Desain Grafis dan Nirmana
    • 2. Tugas Typografi
    • 3. Tugas Sketsa dan Ilustrasi
    • 4. Tugas Bentuk dan Perspektif
    • 5. Tugas Penggabungan Gambar dan Text
    • 6. Tugas Pemberian Efek pada Gambar Vector
    • 7. Tugas Penggabungan Gambar dan Text berbasis bitmap
    • 8. Efek pada gambar bitmap
    • 10. Tugas Jenis-jenis fotografi
    • 11. Tugas Memahami jenis2 kamera dan alat bantu fotografi
    • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
  • SAS
  • NILAI
  • PENGUMUMAN
  • LIVE CHAT
www.setyondesen.com
  • HOME
  • ABSENSI
  • MATERI
    • DESAIN GRAFIS PERCETAKAN
      • 2. Typografi
      • 1. Desain Grafis dan Nirmana
      • 3. Gambar Sketsa dan Illustrasi
      • 4. Gambar Bentuk dan Perspektif
      • 5. Penggabungan Gambar dan Text
      • 6. Pemberian Efek pada Gambar Vector
      • 10. Menganalisis ilmu Fotografi
      • 11. Memahami jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
      • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
    • KK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  • TUGAS
    • 1. Tugas Desain Grafis dan Nirmana
    • 2. Tugas Typografi
    • 3. Tugas Sketsa dan Ilustrasi
    • 4. Tugas Bentuk dan Perspektif
    • 5. Tugas Penggabungan Gambar dan Text
    • 6. Tugas Pemberian Efek pada Gambar Vector
    • 7. Tugas Penggabungan Gambar dan Text berbasis bitmap
    • 8. Efek pada gambar bitmap
    • 10. Tugas Jenis-jenis fotografi
    • 11. Tugas Memahami jenis2 kamera dan alat bantu fotografi
    • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
  • SAS
  • NILAI
  • PENGUMUMAN
  • LIVE CHAT
  • More
    • HOME
    • ABSENSI
    • MATERI
      • DESAIN GRAFIS PERCETAKAN
        • 2. Typografi
        • 1. Desain Grafis dan Nirmana
        • 3. Gambar Sketsa dan Illustrasi
        • 4. Gambar Bentuk dan Perspektif
        • 5. Penggabungan Gambar dan Text
        • 6. Pemberian Efek pada Gambar Vector
        • 10. Menganalisis ilmu Fotografi
        • 11. Memahami jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
        • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
      • KK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
    • TUGAS
      • 1. Tugas Desain Grafis dan Nirmana
      • 2. Tugas Typografi
      • 3. Tugas Sketsa dan Ilustrasi
      • 4. Tugas Bentuk dan Perspektif
      • 5. Tugas Penggabungan Gambar dan Text
      • 6. Tugas Pemberian Efek pada Gambar Vector
      • 7. Tugas Penggabungan Gambar dan Text berbasis bitmap
      • 8. Efek pada gambar bitmap
      • 10. Tugas Jenis-jenis fotografi
      • 11. Tugas Memahami jenis2 kamera dan alat bantu fotografi
      • 12. Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
    • SAS
    • NILAI
    • PENGUMUMAN
    • LIVE CHAT
  1. Desain Grafis dan Nirmana

Desain adalah metode perancangan estetika yang didasari dengan kreatifitas, sedangkan grafis adalah ilmu dari perancangan titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi serta berhubungan dengan proses pencetakan.
Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa desain grafis ini merupakan ilmu yang mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan sebuah rancangan bentuk gambar dengan tujuan akhir sebagai kepentingan percetakan. 

Prinsip dan Elemen Desain Grafis

Prinsipnya pun hampir sama dengan desain lainnya, seperti:

  1. Keseimbangan (Balance)

Sesuai namanya keseimbangan di sini berarti keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Tidak berat sebelah. Desainer harus memadukan keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar sehingga tidak muncul kesan berat sebelah. Ada dua pangkal pokok yang dipakai dalam menerapkan keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di mana simetris berdasarkan pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan kanan. Sedangkan asimetris berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap halaman, 

2.    Kesatuan (unity)

Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Dengan prinsip kesatuan dapat membantu semua elemen menjadi sebuah kepaduan dan menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan yang saling mengikat. Karena penting adanya menyuguhkan klien sebuah desain yang mengandung arti yang kuat sesuai dengan tema yang diminta.

3.    Ritme (rhythm)

Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama. Bisa juga berarti pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis. Irama dihasilkan oleh unsur-unsur yang berbeda dengan pola yang berirama dan unsur serupa serta konsistensi. Jenis irama meliputi regular, mengalir(flowing), dan prosesif atau gradual.

4.    Penekanan (emphasis)

Dalam setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan tersalur. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua elemen harus ditonjolkan karena bila itu terjadi, desain akan berakhir terlalu ramai dan pensan tidak dapat disampaikan.

5.    Proporsi

Proporsi merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Dapat diartikan pula sebagai perubuhan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

Secara garis besar, terdapat 10 elemen desain, diantaranya yaitu:

  1. Line (Garis) adalah elemen dasar yang menyusun sebuah desain. Garis yang terdiri dari kumpulan titik-titik inilah yang menjadi penanda di mana kita membedakan antara satu obyek dengan obyek lain, serta memungkinkan audiens mencerna suatu pesan yang dikomunikasikan secara visual.

  2. Form/&/Space/(Bentuk/&/Ruang) adalah kumpulan garis-garis yang saling bersambungan yang membentuk suatu obyek tertentu

  3. Color/(Warna) adalah elemen desain yang sangat penting, karena secara psikologis, manusia mengenali warna lebih dulu ketimbang bentuk atau teks.

  4. Type/(Teks) adalah yaitu huruf atau kumpulan huruf yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan.

  5. Texture/&/Image/(Tekstur/&/Gambar) adalah elemen yang bermanfaat memberi nuansa dan penekanan tersendiri pada obyek-obyek ilustrasi yang ada.

  6. Balance/(Keseimbangan) adalah uatu kualitas di mana sebuah desain terlihat mempunyai “bobot” yang setara antar elemen-elemen penyusunnya.

  7. Contrast/(Kontras) adalah untuk memberi bobot pada desain, dan memberi arti lebih pada suatru obyek sehingga Anda bisa mengarahkan audiens untuk mencermati desain sesuai arti penting pesan yang ada di dalamnya.

  8. Continuity (Kontinuitas) yaitu berkaitan dengan kualitas untuk mempertahankan kesamaan ide/nuansa dari obyek-obyek penyusun desain.

  9. Repetition (Repetisi) yaitu seringkali penggunaan elemen-elemen secara repetitif terbukti efektif untuk menumbuhkan kesadaran (awareness) di benak audiens mengenai pesan yang dimaksud

  10. Unity (Kesatuan) adalah suatu kualitas akhir yang coba dicapai dalam sebuah desain,

Nirmana

Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Elemen –elemen seni rupa dapat dikelompokan berdasarkan bentuknya menjadi :

  • Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar. Titik dapat melahirkan suatu wujud dari ide-ide atau gagasan yang kemudian akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang.

TITIK

Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar. Titik dapat melahirkan suatu wujud dari ide-ide atau gagasan yang kemudian akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang. 

GARIS

Garis adalah sekumpulan titik yang terhubung dan berbeda (warna) dari latar belakang yang menampilkannya

BIDANG

Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas serta mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. 

GEMPAL

Gempal adalah titik, garis, atau bidang akan menjadi bentuk apabila terlihat. Sebuah titik betapapun kecilnya pasti mempunyai raut, ukuran, warna, dan tekstur. 

TEKSTUR

Tekstur adalah nilai raba dari suatu permukaan baik nyata maupun semu, bisa halus, kasar, licin, dan sebagainya.

WARNA

Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh karena itu warna tidak akan terbentuk jika tidak ada cahaya. 

Batasan Media Desain Grafis

Pada awalnya, desain grafis hanya diterapkan pada media statis seperti buku, majalah, dan brosur.

Namun seiring berkembangnya teknologi, desain grafis juga telah diterapkan dalam dunia elektronik dan disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Sehingga batasan dimensi pun sudah berubah mengikuti perkembangan pemikiran mengenai desain. Desain grafis dapat diterapkan menjadi suatu desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.


Aplikasi dalam Dunia Desain

1. Desain Grafis

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam desain grafis:

  • Adobe Photoshop

  • Adobe image ready

  • AirBrush

  • Coreldraw

  • Infinite Design

  • Afterlight

  • PicsArt

  • GIMP

  • Adobe Indesign

  • Adobe Photoshop Express

  • Adobe Photoshop MIX

  • Adobe Photoshop FIX

  • Designapp Design Graphic

  • Desktop publishing

  • Adobe Photoshop Lightroom CC

  • Canva

  • Adobe Page Maker

  • Adobe Illustrator Draw

  • Desygner

  • AutoCAD

  • Macromedia Freehand

  • Snapseed

  • 3DC.io – 3D Modeling

  • Paint Tool SAI

  • Adobe Illustrator

  • Inkscape

2. Webdesign

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam webdesing:

  • Adobe Dreamweaver

  • Web Builder Visual (Wysiwyg editor)

  • Notepad

  • Adobe Photoshop

  • CoffeCup HTML editor

  • Microsoft Frontpage

  • WordPress

  • PageBreeze

  • Bluefish Editor

  • Kompo Zer

  • Macromedia firework

3. Audiovisual

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam audiovisual:

  • Adobe Flash atau sebelumnya bernama Macromedia Flash

  • Power Director

  • Ulead Video Studio

  • Final Cut

  • Adobe After Effect

  • Magic Movie Edit Pro

  • Adobe Premier

4. Rendering 3 Dimensi

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam rendering 3 dimensi:

  • Cinema 4d

  • Softimage

  • Google SketchUp

  • Light Wave

  • 3D StudioMax

  • Blender

  • SketchUp Make

  • DesignWorkshop Lite

  • Sweet Home 3D

  • Blender

  • FreeCAD

  • XSI Mod Tool

  • ZMODELER

  • K-3D

  • 3D Crafter

  • TrueSpace

  • AutoQ3D Community

  • Anim8or

  • BRL-CAD

  • Seamless3d

  • K3DSurf

  • TopMod

  • Art Of Illusion

  • DrawPlus Starter Edition

  • GDesign

  • 3DVIA Shape

  • Maya

  • AutoCad

Dampak Desain Grafis

Dampak Positif

Dapat memperkenalkan karyanya secara luas melalui media internet.

  • Bisa mempelajari ilmu desain grafis dengan lebih mudah serta akan memperkaya teknik dalam proses pembuatan seni melalui internet.

  • Karya dalam yang berwujud foto bisa terlihat lebih lembut dengan melakukan proses pengeditan.

  • Progam desain grafis yang telah ada semakin muktahir serta bisa menghasilkan karya yang mempunyai sebuah rasa dari penciptanya.

  • Komunikasi menjadi lebih mudah diantara pada desainer di dunia untuk bertukar ilmu sehingga dapat menciptakan karya yang luar biasa.

  • Memberikan fasilitas yang lebih mudah untuk menjual maupun membeli hasil karya seni yang telah diciptakan.

Dampak Negatif

Karya dapat dicuri atau biasa disebut sebagai plagiat.

Sebab perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak elak jika desain grafis manual akan lebih mudah ditinggalkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai desain grafis, semoga dapat membantu kegiatan belajar kalian ya. Terima kasih telah berkunjung :)). 

TUGAS KLIK DIBAWAH

TUGAS DESAIN GRAFIS DAN NIRMANA

SETYO PURNAWAN, S.Pd. Komwebsite : www.setyo.smknbansari.sch.idemail: setyo@smknbansari.sch.id
copyright@setyo2020
Report abuse
Page details
Page updated
Report abuse